Jumat, 08 Januari 2021

Cara Trace Beberapa/Semua Email Exchange Online Microsoft365 melalui Security Explorer

Ketika email dikirimkan oleh pengirim, sering sekali sebagai penerima tidak  mendapatkan email yang dikirim tersebut. Sebagai seorang email admin, kita sulit untuk menelusuri flow email tersebut. Dalam Microsoft365, email yang menggunakan Exchange Online menyimpan konfigurasinya di cloud, termasuk message tracing yg merupakan salah satu alat paling dasar yang digunakan oleh administrator untuk memantau flow email. 

Saat email berjalan melalui Microsoft365, beberapa informasi tentangnya disimpan di log. User dengan bebas menghapus atau membersihkan email, namun administrator dapat melihat informasi tentang email yang dikirim dan diterima dengan fitur pada Microsoft365 ini.

Berikut langkah-langkahnya adalah :

  1. Akses admin.microsoft.com lalu login menggunakan admin user


  2.  Pilih Security pada pilihan admin


  3.  Tampilan Security Microsoft365 akan muncul pada tab baru
  4.  Pada dropdown Threat Management pilih Explorer

  5.  Pada tab View, pilih All Email, lalu klik Advanced Filters. Masukan email pengirim, lalu masukkan email penerima. Bisa juga menggunakan filter rentang waktu yang diinginkan.


  6. Maka flow email yang terkirim akan tampil di page Result. Jika informasi recepient pada step nomor 6, maka akan ditampilkan semua email yang terkirim dari email sender tersebut. Hal ini berguna untuk meyakinkan apakah email sudah benar-benar terkirim atau belum


0 komentar:

Posting Komentar